๐Ÿ‡ผโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡นใ€€โ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฉโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ญ
Imam Ahlus Sunnah Zaman ini
Yang layak direnungkan dengan hati

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโœฆโœฟโœฆโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข
Al-โ€˜Allรขmah Muhammad Nรขshiruddรฎn al-Albรขnรฎ rahimahullรขhu berkata :

โ˜œ ููˆุตูŠู‘ุชูŠ ู„ูƒู„ู‘ู ู…ุณู„ู…ู ุนู„ู‰ ูˆุฌู‡ ุงู„ุฃุฑุถ ูˆุจุฎุงุตุฉู ุฅุฎูˆุงู†ูŽู†ุง ุงู„ุฐูŠู† ูŠุดุงุฑูƒูˆู†ู†ุง ููŠ ุงู„ุงู†ุชู…ุงุก ุฅู„ู‰ ุงู„ุฏุนูˆุฉ ุงู„ู…ุจุงุฑูƒุฉ ุฏุนูˆุฉ ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ูˆุนู„ู‰ ู…ู†ู‡ุฌ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ
Wasiatku bagi setiap muslim di seluruh muka bumi ini, terutama bagi saudara-saudara kita yang turut berafiliasi kepada dakwah yang penuh berkah ini, yaitu dakwah yang mengajak kepada Kitabullah, sunnah Rasulullah di atas manhaj salaf shalih.

โถ ุฃูˆุตูŠู‡ู… ูˆู†ูุณูŠ ุจุชู‚ูˆู‰ ุงู„ู„ู‡ ุชุจุงุฑูƒ ูˆุชุนุงู„ู‰ ุฃูˆู‘ู„ุงู‹ุŒ
โถ Pertama, Saya wasiatkan mereka dan diri saya sendiri agar senantiasa bertakwa kepada Allah Tabรขroka wa Taโ€™รขlรข.

โท ุซู… ุจุงู„ุฅุณุชุฒุงุฏุฉ ู…ู† ุงู„ุนู„ู… ุงู„ู†ุงูุน ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰ : (( ูˆูŽุงุชู‘ูŽู‚ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽูŠูุนูŽู„ู‘ูู…ููƒูู…ู’ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ))ุงู„ุจู‚ุฑุฉ 282
โท Senantiasa berupaya menambah ilmu yang bermanfaat, sebagaimana firman Allรฅh (yang artinya) :
Bertakwalah kepada Allฤh, niscaya Allah mengajarimu (QS Al-Baqoroh : 282)

โธ ูˆุฃู†ู’ ูŠูŽู‚ู’ุฑูู†ููˆุง ุนูู„ู…ูŽู‡ู… ุงู„ุตุงู„ุญ ุงู„ุฐูŠ ู‡ูˆ ุนู†ุฏู†ุง ุฌู…ูŠุนุง ู„ุง ูŠุฎุฑุฌ ุนู† ูƒูˆู†ู‡ ูƒุชุงุจุง ูˆุณู†ุฉ ูˆุนู„ู‰ ู…ู†ู‡ุฌ ุงู„ุณู„ู ุงู„ุตุงู„ุญ
โธ Hendaknya mereka merangkaikan ilmu yang benar, yang kesemuanya menurut kita tidak boleh keluar dari Kitabullah dan Sunnah Rasulullah serta di atas manhaj salaf shalih.

โน ุฃู† ูŠู‚ุฑู†ูˆุง ู…ุน ุนู„ู…ู‡ู… ู‡ุฐุง ูˆุงู„ุฅุณุชุฒุงุฏุฉ ู…ู†ู‡ ู…ุง ุงุณุชุทุงุนูˆุง ุฅู„ู‰ ุฐู„ูƒ ุณุจูŠู„ุง : ุงู„ุนูŽู…ูŽู„ ุจู‡ุฐุง ุงู„ุนู„ู… ุญุชู‰ ู„ุง ูŠูƒูˆู† ุญุฌุฉ ุนู„ูŠู‡ู… ูˆุฅู†ู‘ูŽู…ุง ูŠูƒูˆู† ุญุฌุฉ ู„ู‡ู… (( ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽู†ู’ููŽุนู ู…ูŽุงู„ูŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุจูŽู†ููˆู†ูŽ ` ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุชูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุจูู‚ูŽู„ู’ุจู ุณูŽู„ููŠู…ู )) ุงู„ุดุนุฑุงุก 88-89 .
โน Hendaknya mereka di dalam keilmuan mereka dan upaya untuk menambah ilmu dengan berbagai cara yang mereka sanggupi, tetap berupaya menyertainya dengan implementasi (pengamalan) atas ilmu tersebut, sehingga tidak menjadi hujjah yang akan melawan mereka, namun akan menjadi hujjah yang mendukung mereka, di hari yang tidaklah bermanfaat harta dan anakยฒ, melainkan orang yang datang dengan hati yang selamat. (QS asy-Syuโ€™arรด : 88-89)

โบ ุซู…ู‘ ุฃูุญุฐู‘ุฑู‡ู… ู…ู† ู…ุดุงุฑูƒุฉ ูƒุซูŠุฑูŠู† ู…ู…ู† ุฎุฑุฌูˆุง ุนู† ุงู„ุฎุท ุงู„ุณู„ููŠ ุจุฃู…ูˆุฑ ูƒุซูŠุฑุฉ ูˆูƒุซูŠุฑุฉ ุฌุฏู‘ุงู‹ ูŠุฌู…ุนู‡ุง ูƒู„ู…ุฉ ;ุงู„ุฎุฑูˆุฌ; ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู† ูˆุนู„ู‰ ุฌู…ุงุนุชู‡ู… .
โบ Saya peringatkan agar mereka tidak ikut-ikutan dengan kebanyakan orang yang khurรปj (keluar) dari jalan salaf dengan berbagai cara yang sangat banyak sekali. Semuanya terhimpun dalam satu kata, yaitu khurรปj, yaitu keluar menentang kaum muslimin dan jamรขโ€™ah mereka.

โป ูˆุฅู†ู‘ู…ุง ุฃูŽุฃู…ูุฑูู‡ู… ุจุฃู† ูŠูƒูˆู†ูˆุง ูƒู…ุง ู‚ุงู„ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุตุญูŠุญ : ยซ ูˆูƒูˆู†ูˆุง ุนุจุงุฏ ุงู„ู„ู‡ ุฅุฎูˆุงู†ุง ยป ูƒู…ุง ุฃู…ุฑูƒู… ุงู„ู„ู‡ ุชุจุงุฑูƒ ูˆุชุนุงู„ู‰ .
โป Sesungguhnya, saya perintahkan mereka agar menjadi orang-orang yang Rasulullah Shallallฤhu alaihi wa sallam sabdakan di dalam haditsnya yang shahih, Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara, sebagaimana yang Allah Taโ€™ala juga perintahkan.

โผ ูˆุนู„ูŠู†ุง ูƒู…ุง ู‚ู„ุช ููŠ ุฌู„ุณุฉ ุณุงุจู‚ุฉ ูˆุฃุนูŠุฏ ุฐู„ูƒ ู…ุฑุฉ ุฃุฎุฑู‰ ูˆููŠ ุงู„ุฅุนุงุฏุฉ ุฅูุงุฏุฉ :
โผ Hendaknya kita, sebagaimana telah saya terangkan dalam pertemuan sebelumnya, namun akan saya ulangi kembali, karena di dalam pengulangan itu besar manfaatnya :
โ€“ ูˆุนู„ูŠู†ุง ุฃู† ู†ุชุฑูู‘ูŽู‚ูŽ ููŠ ุฏุนูˆุชู†ุง ุงู„ู…ุฎุงู„ููŠู† ุฅู„ูŠู‡ุง
โž– hendaknya kita bersikap lemah lembut di dalam mendakwahi para penentang dakwah kita
โ€“ ูˆุฃู† ู†ูƒูˆู† ู…ุน ู‚ูˆู„ู‡ ุชุจุงุฑูƒ ูˆุชุนุงู„ู‰ ุฏุงุฆู…ุง ูˆุฃุจุฏุง (( ุงุฏู’ุนู ุฅูู„ูŽู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุฑูŽุจู‘ููƒูŽ ุจูุงู„ู’ุญููƒู’ู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุนูุธูŽุฉู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉู ูˆูŽุฌูŽุงุฏูู„ู’ู‡ูู…ู’ ุจูุงู„ู‘ูŽุชููŠ ู‡ููŠูŽ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู )) ุงู„ู†ุญู„ 125 .
โž–Hendaknya kita senantiasa dan selalu menerapkan firman Allรฅh, Serulah kepada jalan tuhanmu dengan cara yang hikmah dan pelajaran yang baik, serta bantahlah mereka dengan cara yang lebih baik (QS An-Nahl : 125)
ูˆุฃูŽุญูŽู‚ู‘ ู…ู† ูŠูƒูˆู† ุจุงุณุชุนู…ุงู„ู†ุง ู…ุนู‡ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุญูƒู…ุฉ ู‡ูˆ ู…ู† ูƒุงู† ุฃูŽุดูŽุฏู‘ูŽ ุฎุตูˆู…ุฉู‹ ู„ู†ุง ููŠ ู…ุจุฏุฆู†ุง ูˆููŠ ุนู‚ูŠุฏุชู†ุง ุญุชู‰ ู„ุง ู†ุฌู…ุน ุจูŠู† ุซู‚ู„ ุฏุนูˆุฉ ุงู„ุญู‚ ุงู„ุชูŠ ุงู…ุชู† ุงู„ู„ู‡ ุนุฒ ูˆุฌู„ู‘ ุจู‡ุง ุนู„ูŠู†ุง ูˆุจูŠู† ุซู‚ู„ ุฃุณู„ูˆุจ ุงู„ุฏุนูˆุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒู‘ ูˆุฌู„ู‘ .
Dan orang yang lebih berhak untuk kita terapkan sikap hikmah ini adalah orang yang paling keras permusuhannya kepada kita di dalam landasan dan aqidah kita. Sehingga kita tidak malah mengumpulkan antara betapa beratnya dakwah al-haq yang Allah karuniakan kepada kita ini, dengan beratnya cara dakwah kita di dalam mengajak kepada Allah Azza wa Jalla.

โฝ ูˆุฃุฑุฌูˆ ู…ู† ุฅุฎูˆุงู†ู†ุง ุฌู…ูŠุนุง ููŠ ูƒู„ ุจู„ุงุฏ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุฃู† ูŠุชุฃุฏู‘ุจูˆุง ุจู‡ุฐู‡ ุงู„ุขุฏุงุจ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠุฉ
โฝ Saya mengharapkan saudara-saudara saya semuanya di seluruh negeri Islam, agar mereka bisa beretika dengan etika Islam ini.

โพ ุซู… ุฃู† ูŠุจุชุบูˆุง ู…ู† ูˆุฑุงุก ุฐู„ูƒ ูˆุฌู‡ ุงู„ู„ู‡ ุนุฒู‘ ูˆุฌู„ ู„ุง ูŠุฑูŠุฏูˆู† ุฌุฒุงุกู‹ ูˆู„ุง ุดูƒูˆุฑุง ู‹.
โพ Kemudian hanya mengharapkan dari kesemua hal ini, hanya wajah Allรฅh Azza wa Jalla. Tidak menginginkan imbalan maupun balasan ucapan terima kasih.

ูˆู„ุนู„ู‘ูŽ ููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ู‚ุฏุฑ ูƒูุงูŠุฉ . ูˆุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ุฑุจู‘ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†.โ€.
Semoga yang sekedarnya ini memadai. Segala sanjungan hanyalah milik Allah, Pemelihara Semesta alam.

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโœฆโœฟโœฆโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ’ฝ Kaset Ceramah Silsilah al-Huda Wan Nรปr no 900 yang direkam pada hari Sabtu, 13 Jumadil Akhir 1419 H, bertepatan dengan tanggal 3 November 1998.

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโ€ขโœฆโœฟโœฆโ€ขโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข
โœ @abinyasalma | abusalma.net
#โƒฃ Channel TG (bit.ly/abusalma) & WAG al-Wasathiyah wal jamaah

Like this:

Like Loading...

Related

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.