Kajian Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download kajian Tafsir Al-Quran yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Kajian ini beliau sampaikan pada Selasa malam, 1 Dzul Qa’idah 1438 H / 25 Juli 2017 M di Masjid Al-Barkah, komplek studio Radio Rodja dan RodjaTV. Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 42-47“.

(Download juga kajian sebelumnya: “Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 28-30“)

Ringkasan Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 42-47

Di ayat yang ke-42 Allah Ta’ala berfirman:

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ ﴿٤٢﴾

“Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.(QS Al-Baqarah [2]: 42)

Pada ayat ini Allah melarang orang-orang ahli kitab untuk mencampur-adukkan kebenaran dan kebatilan. Imam Qotadah berkata,”jangan kamu campur adukkan antara Yahudi, Nasrani dan Islam. Karena Agama Allah hanya Islam.”

Kemudian ayat ini menunjukkan larangan menyembunyikan kebenaran dan perintah untuk menyampaikan kebenaran walaupun pahit. Yang perlu diperhatikan adalah berbeda antara menyembunyikan kebenaran dan menunda menyampaikan kebenaran. Ada kalanya seseorang tidak menyampaikan suatu ilmu karena khawatir menimbulkan mudharat lebih besar. Yang termasuk menyembunyikan ilmu itu kalau bisa jadi karena tujuan duniawi yang diinginkan. Atau yang kedua karena jika ilmu itu disampaikan akan membahayakan kedudukannya. Atau yang ketiga takut kehilangan dunianya.

Di ayat yang ke-43 Allah Ta’ala juga berfirman:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ ﴿٤٣﴾

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’. (QS Al-Baqarah [2]: 43)

Di ayat yang ke-44 Allah Ta’ala juga berfirman:

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنسَوْنَ أَنفُسَكُمْ وَأَنتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ ﴿٤٤﴾

“Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?.”(QS Al-Baqarah [2]: 44)

Di ayat yang ke-45 Allah Ta’ala juga berfirman:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ ﴿٤٥﴾﴾

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.”(QS Al-Baqarah [2]: 45)

Di ayat yang ke-46 Allah Ta’ala juga berfirman:

الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُم مُّلَاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ ﴿٤٦﴾

“(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. [2]: 46)

Di ayat yang ke-47 Allah Ta’ala juga berfirman:

يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَنِّي فَضَّلْتُكُمْ عَلَى الْعَالَمِينَ ﴿٤٧﴾

“(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. [2]: 47)

Simak penjelasan selengkapnya dari tafsir ayat-ayat tersebut di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc. berikut ini.

Download Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 42-47


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.

Tulisan Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 42-47 (Ustadz Badrusalam, Lc.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.