Terakhir diperbaharui: Kamis, 05 Rabiul awal 1439 / 23 November 2017 pukul 15:28
Tautan: http://rodja.id/1kw

Kajian Kitab Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abdullah Zaen, M.A.

Download kajian Tafsir Al-Quran yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abdullah Zaen. Kajian dan ceramah agama ini membahas tafsir Al-Quran dengan penjelasan rinci serta mudah dipahami.

Pada kajian tafsir kali ini Ustadz Abdullah Zaen akan membawakan pembahasan tentang “Tafsir Surat Al-Balad Ayat 3“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 9 Dzul Qa’idah 1438 H/02 Agustus 2017 M di Masjid Agung Darusalam, Purbalingga.

Download juga kajian sebelumnya: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 3 – Tafsir Al-Quran

Sebagaimana yang telah dibahas, bahwa di dalam Surat Al-Balad ini Allah mengawali dengan dua kali sumpah. Maka dari sini dapat disimpulkan bahwa apa yang disampaikan oleh Allah pada ayat selanjutnya adalah sesuatu yang sangat penting. Adapun isi sumpah tersebut adalah:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي كَبَدٍ ﴿٤﴾

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.”(Q.S Al-Balad[90]:4)

Allah menggunakan kata “الْإِنسَانَ” yang berarti manusia. Bahwa manusia yang dimaksud adalah mencakup semua jenis manusia. Manusia yang baik maupun manusia yang jahat, manusia yang beriman maupun yang tidak beriman, semuanya diciptakan oleh Allah dalam keadaan “كَبَدٍ”.

Ada beberapa penafsiran tentang kata “كَبَدٍ”. Diantaranya adalah:

Pertama adalah tegak lurus. Sehingga arti ayatnya menjadi “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam keadaan tegak lurus”. Postur tubuh yang berdiri dengan tegak lurus di atas dua kaki merupakan salah satu keistimewaan manusia yang seringkali jarang disyukuri oleh manusia. Posisi tegak lurusnya manusia ini disebutkan oleh Allah sebagai salah satu kesempurnaan.

يَا أَيُّهَا الْإِنسَانُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ الْكَرِيمِ ﴿٦﴾ الَّذِي خَلَقَكَ فَسَوَّاكَ فَعَدَلَكَ ﴿٧﴾

“Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang” (Q.S Al-Infitar[82]: 6-7)

Kedua adalah susah payah. Proses penciptaan manusia melalui proses yang sangat panjang. Mulai dari ketika manusia berada di dalam kandungan sampai manusia menjalani kehidupan. Banyak sekali proses yang dilewati.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan Download mp3 kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Balad Ayat 3


Mari turut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi yang lainnya.

albalad, Kajian tafsir, Tafsir Al-Qur'an

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.