Terakhir diperbaharui: Jumat, 21 Safar 1439 / 10 November 2017 pukul 16:00
Tautan: http://rodja.id/1jo

Kajian Kitab Adabul Mufrad oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Adabul Mufrad karya Imam Bukhari rahimahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Syafiq Basalamah. Kajian ini beliau sampaikan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Senin malam, 18 Muharram 1439 H / 09 Oktober 2017, pukul 20:00-21:30 WIB.

Pada kajian kali ini Ustadz Syafiq akan membahas tentang “Saling Meninggikan Bangunan (Bab 212-213 – Hadits 449-456)“. Semoga bermanfaat.

Download juga kajian sebelumnya: “Memperbaiki Rumah dan Biaya Untuk Pembangunan – Bab 209-212 – Hadits 446-449 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Program Kajian Kitab Adabul Mufrad - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. di Radio Rodja Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap:

Senin malam, 20:00-21:30 WIB

Status program Kajian Kitab Adabul Mufrad: AKTIF

Ringkasan Kajian Kitab Adabul Mufrad: Saling Meninggikan Bangunan (Bab 212-213 – Hadits 449-456)

 

Bab 212. Berlomba-lomba memanjangkan bangunan.

Hadits 449:

‘Isma’il menceritakan kepada kami, Ibnu Abis Zinad menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari Abdurrahman Bin Bin al-A’raj: Dari Abu Hurairah, dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, beliau bersabda,”hari kiamat tidak terjadi hingga manusia saling memanjangkan bangunan.'”

Kandungan hadits:
Hadits ini dapat dipahami sebagai celaan terhadap perbuatan berlomba meninggikan bangunan, akan tetapi Ibnu Hajar dalam hal ini tidak sepakat karena tidak setiap hal yang mendekati hari kiamat merupakan perbuatan tercela.

Apa makna memanjangkan bangunan?
Sebagian orang memahami bahwa memanjangkan bangunan hanya ke atas atas ke atas atas hanya ke atas atas ke atas atas. Tetapi lebih luas dari itu adalah berbangga-bangga dengan bangunan dan tidak berbicara tentang kebutuhan.

Dalam MP3 kajian ini, Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. juga menyebutkan hadits-hadits yang menggambarkan rumah istri-istri Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam.

 

Bab 213. Orang yang membangun

Hadits 453:

‘Sulaiman bin Khattab menceritakan kepada kami, ia berkata: jarir bin Hazim menceritakan kepada kami dari dari salam Bin Bin syurahbil: Dari Khutbah bin Khalid dan sawah bin Khalid bahwa keduanya mendatangi Nabi Shallallahu alaihi wasallam pada saat aku sedang memperbaiki sebuah tembok atau bangunannya, “lalu keduanya membantu beliau.'”

Kandungan Hadits:
Hadits ini menganjurkan orang muslim agar ikut serta dan membantu saudaranya dalam memperbaiki Salah satu bagian rumahnya.

 

Dengarkan penjelasan lengkapnya dan download MP3 kajian Kitab Adabul Mufrad: Saling Meninggikan Bangunan (Bab 212-213 – Hadits 449-456)


Jangan lupa untuk membagikan rekaman kajian ini ke saudara-saudara kita atau teman-teman kita baik itu melalui Facebook, Twitter, Google+, atau media yang lainnya agar kebaikan ini tidak berhenti begitu saja. Jazakumullahu khairan

Adabul Mufrad, Akhlak dan adab, Akhlak mulia, Cinta dan benci, Hadits, Hadits shahih, Kebencian, Kehormatan, Larangan mencela, Larangan saling membenci

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.