Apa Sebenarnya yang dikehendaki Oleh ISIS atas Kejadian selama ini?

Rekaman Audio Syaikh Hassan Abbud

Telah tersebar secara umum bahwa pada 23 Januari 2014 yang lalu, Syaikh Abdullah Muhammad Al-Muhasaini telah membuat suatu inisiatif yang dinamakan Inisiatif Ummah untuk mendamaikan antara ISIS dan pihak-pihak lain yang bersengketa.

Maka Jabha An-Nusra, Jabha Islamiah (Islamic Front), Jaishul Mujahidin dan Ahrar Sham telah menerima inisiatif ini.

Berikut adalah beberapa point yang dipetik dari ucapan Hassan Abbud, Komandan Harakat Ahrar Sham (Islamic Front):

1. Kejadian-kejadian yang terjadi adalah disebabkan tersebarnya fatwa-fatwa yang menghukum orang lain sebagai kafir dan murtad.

2. Dalam banyak kasus yang terjadi, pihak Ahrar Sham tidak mau untuk memperkeruh keadaan dan telah meminta ISIS mengantar orang-orang yang bertanggungjawab membunuh Mujahidin Ahrar Sham ke Mahkamah Syariah, seperti dalam kasus:


a. Penangkapan dan pembunuhan Abu Ubaidah Al-Binshi (Pejabat Ahrar Sham yang membantu mengawal dan menjaga keselamatan tim kemanusiaan Syria Care)
b. Pemenggalan Kepala Mujahidin Ahrar Sham Muhammad Faris
c. Tindak Brutal ISIS di Maskanah dan merampok markas Ahrar Sham dan merampas peralatan Ahrar Sham dan menangkap serta menyiksa mujahidin2 Ahrar Sham
d- Pembunuhan Doktor Abu Rayyan(diantara korban yang ditangkap di Maskanah)

3. Kondisi Kejadian Baru-baru ini (pertempuran antara ISIS dgn Mujahidin lain), ketika mujahidin mencoba untuk menggempur konvoi tentara rezim syiah bassar yg sedang menuju Atareb dari  Brigade 47. Malahan ISIS memerangi mujahidin yang menggempur tentara syiah tersebut. Ditengah situasi seperti ini niat baik Ahrar Sham untuk mendamaikan antara Mujahdin dengan ISIS ini supaya kondisi tidak semakin buruk, tapi Ahrar Sham sangat terkejut dengan tindakan ISIS yang justru menyerang balik mujahidin Ahrar Sham dengan mengikuti hawa nafsu mereka.

 
4. Ketika Ahrar Sham membuka markas-markas mereka di Idlib, Halab dan Dir Az-Zur untuk menyelamatkan kelompok mujahidin yang lain dari serangan ISIS malahan ISIS mengirim para pelaku Bom Bunuh Diri Mereka ke pos Ahrar Sham, sehingga menyebabkan kematian yang banyak dari mujahidin Ahrar Sham


5. Ahrar Sham dan kelompok Mujahidin yang lain telah berusaha dengan kesabaran yang tinggi sejak sekitar 9 bulan yang lalu dengan Takfiri ISIS ini agar tidak terjadinya pertumpahan darah sesama Muslim, selagi tindakan ISIS ini tidak menghalangi Langkah Jihad Muslim Suriah. Tapi Situasi berkata lain, ISIS justru dengan congkak merebut pos2 mujahidin dan menumpahkan darah mereka tanpa HAQ. Maka sudah sepantasnya mereka para Mujahidin membela diri dari pelaku kedzoliman ini.

6.  Kepada para Muhajirin yang datang untuk berjihad dan menolong rakyat Syria, maka untuk mereka segala kasih sayang dan penghargaan dari Mujahidin Suriah.Tetapi dari pihak ISIS berusaha memecah belah antara Mujahidin Luar Suriah dengan Penduduk Suriah itu sendiri dengan berbagai isu bohong dan kamuflase dusta yang menarik emosi masa.

 
Pernyataan Syaikh Hasan Abbud ini yang berdurasi sekitar 19 menit, dan di akhir nasehatnya syaikh menyatakan menerima dan sangat menyokong inisiatif perjanjian Ummah untuk menghentikan pertumpahan darah antara Mujahidin, dan menyeru segala usaha ditujukan untuk menolong rakyat Syria yang dizalimi dan mengalahkan Bashar.

Atas Pernyataan tersebut kelompok ISIS dengan dasar ilmu yang sangat minim dan aqidah takfirinya mengeluarkan 2 statemen sebelum menerima piagam perdamaian Ummah tersebut:

1. Pernyataan yang Jelas dari pihak mediasi tentang Kelompok2 sekular dan demokrasi di suriah.


2. Pernyataan yang Jelas dari pihak mediasi tentang Negara2 yang dianggap mempunyai pengaruh di dalam Syria seperti Jordan, Arab Saudi, Qatar, UAE, Turki dan lain-lain, dan juga terhadap pihak2 yang bersangkutan dengan negara2 tersebut.

Selagi dua permintaan mereka ini tidak dipenuhi oleh kumpulan-kumpulan lain, maka ISIS akan meneruskan posisi mereka sekarang untuk tetap memerangi mujahidin.

Walaubagaimanapun, Hassan Abbud menyangkal pernyataan ISIS ini bahwa segala pernyataan ISIS ini tidak berlandaskan Argumen di atas dalil yang kuat .
Maka mari kita nantikan perkembangan selanjutnya apakah ISIS ini mau Insaf atau malah bikin keonaran terhadap Mujahidin Suriah.

Sumber:
Inisiatif Ummah dari Syaikh Muhasini:

 


Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.