Terakhir diperbaharui: Kamis, 20 Safar 1439 / 09 November 2017 pukul 15:54
Tautan: http://rodja.id/1jl

Kajian Kitab Adabul Mufrad oleh: Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Adabul Mufrad karya Imam Bukhari rahimahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Syafiq Basalamah. Kajian ini beliau sampaikan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Senin malam, 6 Dzul Hijjah 1438 H / 28 Agustus 2017, pukul 20:00-21:30 WIB.

Pada kajian kali ini Ustadz Syafiq akan membahas tentang “Pelecehan dan Menghamburkan Harta  (Bab 206-207 – Hadist 441-443)“. Semoga bermanfaat.

Download juga kajian sebelumnya: “Menghina Orang Muslim adalah Kefasikan – Bab 202 – Hadits 429-435 – Kitab Al-Adab Al-Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Program Kajian Kitab Adabul Mufrad - Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. di Radio Rodja Simak program ini di Radio Rodja dan Rodja TV setiap:

Senin malam, 20:00-21:30 WIB

Status program Kajian Kitab Adabul Mufrad: AKTIF

Ringkasan Kajian Kitab Adabul Mufrad: Pelecehan dan Menghamburkan Harta  (Bab 206-207 – Hadist 441-443) Bab 206. Pelecehan

Hadist 441:

‘Abdullah bin Muhammad menceritakan kepada kami, ia berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari Sumayy, dari Abu Shalih: Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam berlindung dari ketentuan yang buruk dan pelecehan musuh.

Kandungan hadis:

  1. Hadits ini merupakan dalil anjuran berlindung kepada Allah dari hal-hal yang disebutkan dalam hadits ini. Perkara ini merupakan ijma’ (kesepakatan) seluruh ulama dari berbagai bahasa dan tempat.
  2. Boleh menggunakan sajak dalam ucapan apabila muncul begitu saja tanpa maksud tertentu dan dibuat-buat.
  3. Diantara manfaat memohon perlindungan kepada Allah dari hal hal ini adalah pengakuan seorang hamba akan kemiskinan dan kefakirannya di hadapan Raab-nya serta merendahkan diri di hadapan-Nya.
Bab 207. Menghamburkan Harta

Hadist 442:

‘Abdullah bin Yusuf menceritakan kepada kami, ia berkata: Malik mengabarkan kepada kepada kami dari Suhail bin Abi Shalih, dari ayahnya: Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,”Sesungguhnya Allah Ridho kepada kalian atas tiga hal dan murka kepada kalian atas tiga hal. Allah Ridho kepada kalian agar kalian menyembah kepadaNya dan tidak mempersekutukan-Nya dengan suatu apapun dan agar kalian semua berpegang teguh pada tali Allah serta agar kalian saling menasehati orang yang diserahi oleh Allah untuk mengurus kalian dan Allah tidak menyukai kalian mengatakan,’Si Fulan berkata begini dan begitu,’ dan banyak bertanya serta membuang-buang harta.

Hadist 443:

‘Abdullah bin Said menceritakan kepada kami, ia berkata: Sa’id bin Manshur menceritakan kepada kami, ia menceritakan kepada kami ia berkata Isma’il bin Zakaria menceritakan kepada kami, dari ‘Amr bin Qais al-Mala’i, dari al-Minhal, dari Sa’id bin Jubair: Dari Ibnu Abbas tentang firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala, “apa yang kalian infaqkan, Dia (Allah)-lah yang akan menggantinya dan Dia sebaik-baik pemberi rizki,” (Saba’: 24), ia berkata,”Tanpa berlebih-lebihan dan tidak bakhil.”

Kandungan hadist:

  1. Hadist ini menganjurkan agar seimbang mengambil jalan tengah dalam berinfaq dan melarang sikap tabzir.
  2. Balasan dan pahala akan diperoleh melalui infak yang tengah-tengah itu yang tidak berlebihan dan tidak pula terlalu sedikit
Dengarkan penjelasan lengkapnya dan download MP3 kajian Kitab Adabul Mufrad: Pelecehan dan Menghamburkan Harta  (Bab 206-207 – Hadist 441-443)


Jangan lupa untuk membagikan rekaman kajian ini ke saudara-saudara kita atau teman-teman kita baik itu melalui Facebook, Twitter, Google+, atau media yang lainnya agar kebaikan ini tidak berhenti begitu saja. Jazakumullahu khairan

Adabul Mufrad, Akhlak dan adab, Akhlak mulia, Cinta dan benci, Hadits, Hadits shahih, Kebencian, Kehormatan, Larangan mencela, Larangan saling membenci

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.