Terakhir diperbaharui: Selasa, 20 Sya'ban 1438 / 16 Mei 2017 pukul 14:56
Tautan: http://rodja.id/1ar

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary pada Selasa, 19 Syaban 1438 / 16 Mei 2017. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya.

Pada ceramah kali ini, Ustadz Abu Ihsan akan menjelaskan tema seputar “Mencari Nafkah yang Halal (Bagian ke-1)“.

Download juga kajian sebelumnya: Adab Makan dan Minum (Bagian ke-4)

Ringkasan Ceramah Agama: Mencari Nafkah yang Halal (Bagian ke-1)

Mencari nafkah merupakan kewajiban setiap kepala keluarga. Dan, setiap muslim haruslah mencari nafkah yang halal untuk keluarganya. Upaya ini termasuk ibadah yang agung.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menekankan umatnya agar mencari harta yang halal. Sebab kelak ditanya dua perkara mengenainya, dari mana harta itu diperoleh dan kemana ia akan belanjakan harta tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ أَرْبَعِ: عَنْ عُمُرِهِ، فِيمَ أَفْنَاهُ؟ وعَنْ شَبَابِهِ، فِيمَ أَبْلَاهُ؟ وَعَنْ مَالِهِ، مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَ وَضَعَهُ؟ وَعَنْ عِلْمِهِ، مَاذَا عَمِلَ فِيهِ؟

“Tidaklah akan bergeser telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat, sehingga ia ditanya tentang empat perkara: (1) tentang umurnya, untuk apa ia habiskan; (2) tentang jasadnya, untuk apa ia gunakan; (3) tentang hartanya, dari mana ia peroleh dan ke manakah ia belanjakan; (4) tentang ilmunya, apa yang sudah ia amalkan dengannya.” (HR At-Tirmizi dan Ad-Darimi)

Simak penjelasan selengkapnya mengenai “Mencari Nafkah yang Halal” di dalam rekaman kajian berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Mencari Nafkah yang Halal (Bagian ke-1)


Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Halal, Halal dan haram, Mencari nafkah, Nafkah, Nafkah halal, Panduan amal, Perintah mencari harta yang halal

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.