Terakhir diperbaharui: Rabu, 02 Sya'ban 1439 / 18 April 2018 pukul 08:31
Tautan: http://rodja.id/1sm

Khalifah Utsman Bin Affan Menaklukkan Daerah Afrika merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. dalam pembahasan Faedah-Faedah Sejarah Islam. Kajian ini disampaikan pada 09 Jumadil awal 1439 H / 26 Januari 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Pengorbanan dan Usaha Utsman Bin Affan Dalam Mengembangkan Kejayaan Islam – Faedah Sejarah Islam

Kajian Tentang Khalifah Utsman Bin Affan Menaklukkan Daerah Afrika – Faedah Sejarah Islam

Pada kajian sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana Utsman bin Affan menenangkan daerah-daerah yang mencoba untuk melepaskan diri dari kekuasaan Islam. Utsman bin Affan juga berhasil menjaga kedaulatan Islam di daerah Syam. Dimana setelah meninggalnya Amirul Mukminin Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, orang-orang Romawi mempersiapkan pasukan untuk mencoba kembali merongrong kekuasaan Islam. Hal ini dikarenakan mereka menganggap dengan meninggalnya Amirul Mukminin, Islam menjadi lemah dan pasukannya tidak mampu melawan pasukan Romawi. Namun pada akhirnya juga dapat ditaklukkan dan diusir oleh pasukan kaum muslimin dibawah Khalifah Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu.

Pada kajian ini dibahas tentang bagaimana Afrika. Wilayah ini adalah bagian dari kekuasaan Romawi yang dipimpin oleh Jarjir. Dimasa Umar bin Khattab, Muawiyah bin Abu Sufyan pernah juga ingin memperluas kekuasaan Islam ke daerah Afrika namun Amirul Mukminin belum mengizinkan. Berikutnya dimasa pemerintahannya Utsman bin Affan, para sahabat berkeinginan untuk melanjutkan perjuangan Islam ke daerah Afrika. Mereka adalah Amr bin Ash dan juga Abdullah bin Sa’d bin Abi Sarah. Amr bin Ash mengirimkan usulan kepada Utsman bin Affan untuk diizinkan memperluas  kekuasaan ke daerah Afrika.

Awalnya, khalifah Utsman bin Affan ragu dengan hal ini. Lalu beliau bermusyawarah dengan para sahabat yang berada di Madinah. Dan akhirnya kebanyakan para sahabat menyetujui untuk dilakukannya perluasan Islam ke daerah Afrika. Lalu Utsman bin Affan menulis surat kepada Abdullah bin Sa’d bin Abi Sarah ini untuk mempersiapkan pasukan menuju Afrika. Sehingga didalam pasukan yang ikut untuk memperluas Islam kedaerah Afrika ini terdapat sahabat-sahabat senior seperti Abdullah bin Zubair, Miswar bin Makramah, Abullah bin Umar, Abdullah bin Abi Bakr, Abdullah bin Amr bin Ash dan juga yang lainnya. Diangkat sebagai pembantu panglima perang adalah Abdullah bin Zubair.

Akhirnya kaum muslimin dimotivasi oleh Utsman bin Affan untuk ikut bergabung kedalam pasukan yang dipersiapkan menuju Afrika sehingga banyak dari sahabat yang berada di kota Madinah yang bergabung. Setelah pasukan sampai di Mesir, mereka bertemu dengan panglima Abdullah bin Sa’d bin Abi Sarah kemudian mereka berjalan menuju Afrika.

Simak Kisah Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Khalifah Utsman Bin Affan Menaklukkan Daerah Afrika – Faedah Sejarah Islam

Silakan share ceramah agama Islam sejarah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

'Utsman bin 'Affan, Faedah Sirah Nabawiyah, Faidah sejarah Islam, Islam, Keutamaan 'Umar bin Khaththab, Keutamaan 'Utsman bin 'Affan, Keutamaan sahabat, Keutamaan sahabat nabi, Kewajiban mencintai 'Utsman, Kewajiban mencintai Umar, Kisah Nabi, Kisah Nabi Muhammad, Kisah sahabat, Nabi Muhammad, Sahabat, Sahabat Nabi, Sahabat Rasulullah, Sejarah, Sejarah Islam, Sejarah Nabi Muhammad

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.