Terakhir diperbaharui: Senin, 16 Rajab 1439 / 02 April 2018 pukul 11:16
Tautan: http://rodja.id/1r2

Keutamaan Para Sahabat – Hadits 1547-1551 merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. dalam pembahasan Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah. Kajian hadits ini disampaikan pada 01 Rajab 1439 H / 18 Maret 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Perintah Meminta Karunia dan Rahmat Allah – Hadits 1543-1546 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)

Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Kajian Islam Tentang Keutamaan Para Sahabat – Hadits 1547-1551 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits 1547

أوقدوا، واصطنعوا، أما إنه لا يُدرك قومٌ بعد كم صاعكم ولا مدكم

Silahkan nyalakan api dan berbuatlah sesuatu. Ketahuilah bahwa kaum setelah kalian tidak akan sampai kepada sha’ dan tidak pula mudnya para sahabat“.

Hadits di atas menunjukkan tentang keutamaan para sahabat. Dinama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan bahwa satu mud infaqnya para sahabat dapat mengalahkan infaq umatnya yang sangat banyak setelah itu.

Dalam riwayat Muslim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabada:

لَا تَسُبُّوا أَصْحَابِي فَلَوْ أَنَّ أَحَدَكُمْ أَنْفَقَ مِثْلَ أُحُدٍ ذَهَبًا مَا بَلَغَ مُدَّ أَحَدِهِمْ وَلَا نَصِيفَهُ

Janganlah kalian mencela sahabat-sahabatku. Seandainya salah seorang dari kalian berinfaq emas seperti Gunung Uhud, tidak akan menyamai satu mud (infaq) salah seorang dari mereka dan tidak pula setengahnya.”

Ini menunjukkan betapa agungnya para sahabat. Sampai infak kita dizaman sekarang dengan emas satu gunung tidak bisa mengalahkan infak mereka satu mud. Siapakah diantara kita yang berinfak dengan emas satu gunung? Tentu ini tidak ada.

Apa yang membuat mereka demikian? Mereka berinfak satu mud tapi pahalanya jauh lebih besar dari kita. Tentu yang membuat mereka seperti itu adalah yang ada di dada-dada mereka. Berupa keikhlasan, ketakwaan, dan kejujuran.

Ini juga menunjukkan bahwa seorang manusia ketika semakin ikhlas, semakin takwa, maka amalan yang sedikit menjadi besar disisi Allah subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu jika kita ingin seperti para sahabat, berarti iman kita harus seperti para sahabat. Dan hal itu mustahil. Tidak mungkin mencapai keimanan para sahabat. Namun setidaknya kita berusaha beramal dan beramal.

Simak penjelasan lengkap dan download mp3 ceramah agama tentang Keutamaan Para Sahabat – Hadits 1547-1551 – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

 

Ceramah, ceramah agama, Cinta sahabat, download kajian, download mp3 ceramah agama, Kajian hadits, Keutamaan sahabat nabi, kitab hadits, Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Larangan mencela sahabat, Sahabat Rasulullah

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.