Terakhir diperbaharui: Selasa, 11 Ramadhan 1438 / 06 Juni 2017 pukul 13:34
Tautan: http://rodja.id/1cy

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download kajian yang membahas hadits-hadits shahih dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan menjelaskan “Hadits 1458-1461” dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah. Kajian ini disampaikan pada Sabtu sore, 8 Ramadhan 1438 / 3 Juni 2017.

Download juga kajian sebelumnya: Hadits 1455-1457

TPP: Keutamaan Pedagang yang Jujur hingga Perintah untuk Menjaga Kehormatan

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)

Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Ringkasan Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1458-1461

Di dalam hadits yang ke 1458 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إن التجار يحشرون يوم القياة فجارا إلا من اتقى وبر وصدق

“Sesungguhnya para pedagang itu pada hari kiamat akan dikumpulkan salam keadaan jahat. Kecuali yang bertakwa dan berbuat baik dan jujur.”

Hadits ini bisa diambil faidah di antaranya adalah pedagang-pedagang yang tidak memperhatikan syariat dalam perdagangan, maka pada hari kiamat kelak mereka akan dikumpulkan dalam keadaan jahat.

Di dalam hadits yang ke 1461 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ذبوا بأموالكم عن أعراضكم، قالوا: يا رسول الله كيف نذب بأموالنا عن أعراضنا؟ قال: يعطى الشاعر ومن تخافون من لسانه

“Belalah kehormatan kalian dengan harta kalian. Mereka berkata: “Ya Rasulullah, bagaimana kami membela kehormatan kami dengan harta kami?” Beliau berkata: “Berilah uang kepada penyair dan orang-orang yang kamu khawatirkan lisannya”.”

Hadits ini bisa diambil faidah bahwa dianjurkan untuk menjaga kehormatan.

Simak penjelasan tentang hadits-hadits yang ada di dalam pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi semua.

Download Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1458-1461


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Hadits shahih, Kajian hadits, Kajian kitab, Kehormatan, Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Pedagang, Pedagang Muslim, Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Yang diharamkan bagi pedagang muslim

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.