Terakhir diperbaharui: Senin, 05 Sya'ban 1438 / 01 Mei 2017 pukul 13:03
Tautan: http://rodja.id/17y

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download kajian yang membahas hadits-hadits shahih dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan menjelaskan “Hadits 1445-1449” dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah. Kajian ini disampaikan pada Ahad malam, 4 Syaban 1438 / 30 April 2017.

Download juga kajian sebelumnya: Hadits 1442-1444

TPP: Anjuran Berlindung kepada Allah dari Kefakiran, Anjuran untuk Menggantungkan Cambuk, 3 Amalan yang Paling Utama

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)

Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Ringkasan Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1445-1449

Di dalam hadits yang ke 1445 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تعوذوا بالله من الفقر والقلة والذلة وأن تظلم أو تظلم

“Berlindunglah kepada Allah dari kefakiran, dari sedikit, dari kehinaan, dari dizalimi dan menzalimi orang.”

Hadits ini bisa diambil faidah di antaranya adalah anjuran berlindung kepada Allah dari kefakiran. Karena kadang kefakiran menjadikan seseorang menghalalkan segala cara.

Di dalam hadits yang ke 1446 dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

علقو السوط حيث يراه أهل البيت

“Gantungkanlah cambuk yang bisa dilihat oleh penghuni rumah.”

Hadits ini bisa diambil faidah di anjuran untuk menggantungkan cambuk di rumah. Salah satu tujuannya adalah untuk memberikan adab kepada keluarga, bukan untuk mencambuk anggota keluarga. Karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memukul anggota keluarganya.

Simak penjelasan tentang hadits-hadits yang ada di dalam pembahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi semua.

Download Kajian: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits 1445-1449


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Cambuk, Fakir, Hadits, Hadits shahih, Kajian hadits, Kajian kitab, Kefakiran, Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.