Empat Kiat Meningkatkan Omset Penjualan

Oct 12, 2016 Artikel, Pembukuan dan Administrasi 0

Omset Penjualan

Salah satu hal penting bagi seorang pebisnis yaitu mengetahui apakah produk yang mereka dijual dapat disukai atau tidak di pasaran. Banyak kiat yang dapat kita lakukan untuk menaikan omset penjualan dalam berwirausaha. Berikut akan Saya sebutkan kiat apa saja yang dapat diterapkan dalam meningkatkan omset penjualan.

Mencari Customer Baru

Untuk mencari pelanggan baru, banyak hal yang dapat kita lakukan misalnya dengan mempromosikan produk yang akan Anda jual ke berbagai media promosi termasuk social media, atau bisa saja Anda mengikuti pameran untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Untuk dapat melakukan hal tersebut memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun dampak positif yang kita dapatkan adalah produk atau jasa kita dapat dikenal di masyarakat luas. Selain itu calon pelanggan juga akan mengetahui bahwa produk atau jasa yang kita jual memang layak untuk bersaing dalam dunia perdagangan.

Mempertahankan Customer Lama

Seperti kalimat yang menyatakan “Mempertahankan memang lebih sulit dibanding mencari yang baru”, hal tersebut juga berlaku dalam dunia bisnis. Untuk dapat membuat customer lama bertahan memang lebih mahal dibanding mencari customer baru karena kita harus dapat memenuhi atau melengkapi kebutuhan produk baru dari produk utama yang telah dibeli oleh customer lama. Namun jika bisa memenuhi hal tersebut maka Anda bisa mendapatkan pelanggan setia untuk perusahaan Anda. Misalnya produk utama yang dibeli oleh customer Anda adalah handphone maka Anda dapat melengkapinya dengan aksesoris handphone dan perlengkapan pendukung lainnya seperti earphone, charger, tonsis dan sebagainya.

Menambah Volume Penjualan per Customer

Untuk menambah volume penjualan per customer dapat Anda lakukan dengan cara meningkatkan manfaat atau kegunaan dari produk yang telah dibeli customer Anda sehingga hal tersebut dapat berpengaruh terhadap harga jual. Semakin tinggi kebutuhan pelanggan terhadap suatu produk maka dapat menjadikan harga jual produk juga semakin meningkat. Selain itu Anda juga dapat menawarkan produk yang lainnya supaya produk yang dibeli tidak hanya satu item saja.

Pelayanan Prima

Hal penting lain dalam sebuah bisnis yaitu pelayanan. Dengan memberikan pelayanan maksimal dan ramah maka akan memberikan kesan baik kepada customer sehingga secara tidak langsung customer Anda akan menjadi media promosi “gratis” karena jika customer merasa puas pasti mereka akan menceritakan pengalaman mereka terhadap rekan, keluarga dan seluruh orang disekitar mereka mengenai produk dan usaha Anda. [KPMI/Zahir]

PengusahaMuslim.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • REKENING DONASI : BNI SYARIAH 0381346658 / BANK SYARIAH MANDIRI 7086882242 a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.