Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebut Matan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah.

Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Kamis pagi, 29 Jumadats Tsaniah 1437 / 7 April 2016. Pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Ihya Al-Mawat dan Syarat-Syarat Menyumbangkan Air“.

Download kajian sebelumnya: Bab Muzara’ah

(Download juga: kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib – Matan Abu Syuja’ – Format PDF)

Ringkasan Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ Kitabul Buyu’ (كتاب البيوع) Bab Ihya Al-Mawat

Ihya Al-Mawat adalah seseorang muslim pergi ke tanah yang tidak dimiliki oleh siapapun. Kemudian memakmurkannya dengan menanam pohon di dalamnya, atau membangun rumah di atasnya, atau menggali sumur untuk dirinya dan menjadi milik pribadinya.

Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:

وإحياء المَوَات جائز بشرطين :أن يكون المُحيي مسلما، وأن تكون الأرض حُرَّة، لم يَجرِ عليها مِلْك لمسلم. وصِفَة الإحياء ما كان في العادة عَمَارَة للمُحيَا

Ihyaul Mawat atau membuka lahan baru diperbolehkan dengan dua syarat:

1. Orang yang mengelolanya adalah muslim.
2. Tanah itu bebas dan tidak dimiliki seorang muslim.

Sifat pembukaan tanah yang mati itu menurutkebiasaannya jika memang dapat dihidupkan.

Syarat-Syarat Menyumbangkan Air

Kemudian Syaikh Abu Syuja’ rahimahullah berkata:

ويجب بَذْلُ الماء بثلاثة شرائط: أن يَفْضُلَ عن حاجته، وأن يحتاج إليه غيره لنفسه أو لبهيمته، وأن يكون مما يُسْتَخلَفُ في بئر أو عَين.

Dalam membuka lahan baru, wajib menyumbangkan air jika terdapat tiga syarat:

1. Air yang ada melebihi kebutuhan.
2. Air itu mencukupi kebutuhan orang lain, baik untuk dirinya sendiri atau binatang ternaknya.
3. Air itu ada di sumur atau mata air.

Simak selengkapnya penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan “Bab Ihya Al-Mawat dan Syarat-Syarat Menyumbangkan Air ” ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Matan Abu Syuja’ (Kitabul Buyu’) – Bab Ihya Al-Mawat dan Syarat-Syarat Menyumbangkan Air

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tulisan Bab Ihya Al-Mawat dan Syarat-Syarat Menyumbangkan Air – Kitab Matan Abu Syuja’ (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.) ditampilkan di Radio Rodja 756 AM.

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.