Terakhir diperbaharui: Rabu, 21 Muharram 1439 / 11 Oktober 2017 pukul 15:54
Tautan: http://rodja.id/1gv

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut merupakan ceramah agama yang disampaikan di Masjid Raya Unpad, Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Sumedang pada Kamis, 16 Al-Muharram 1439 / 5 Oktober 2017, pukul 18:25-20:35 WIB. Ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. ini mengetengahkan tema “Aku Ingin Berubah” dan ceramah ini disiarkan pula secara langsung oleh Radio Rodja dan Rodja TV.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Aku Ingin Berubah

Ringkasan Ceramah: Aku Ingin Berubah

Allah mengatakan tentang kisah orang yang hafal Taurat, bernama Bal’am. Allah mengatakan:

وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ الَّذِي آتَيْنَاهُ آيَاتِنَا فَانسَلَخَ مِنْهَا فَأَتْبَعَهُ الشَّيْطَانُ فَكَانَ مِنَ الْغَاوِينَ ﴿١٧٥﴾ وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنَاهُ بِهَا وَلَـٰكِنَّهُ أَخْلَدَ إِلَى الْأَرْضِ وَاتَّبَعَ هَوَاهُ ۚ … ﴿١٧٦﴾ – ﴿الأعراف : ١٧٥-١٧٦﴾

“Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami berikan kepadanya ayat-ayat Kami (pengetahuan tentang isi Al-Kitab), kemudian dia melepaskan diri dari pada ayat-ayat itu, lalu dia diikuti oleh setan (sampai dia tergoda), maka jadilah dia termasuk orang-orang yang sesat. (175) Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, …” (QS Al-A’raf [7]: 175-176)

Gara-gara condong kepada dunia… Gara-gara mengikuti hawa nafsu… Akhirnya, ayat-ayat Allah yang sudah dia kuasai tidak ada manfaatnya. Maka dari itulah, kita harus berubah. Anda yang sudah berubah harus terus berubah kepada yang lebih baik. Jangan sampai Anda yang sudah berubah kembali menjadi seperti semula.

Lalu bagaimana supaya kita terus berubah? Ketahuilah saudaraku, modal utama Anda adalah keinginan dulu. Kalau Anda tidak punya keinginan berubah, (maka) sulit untuk berubah. Tetapi kalau Anda sudah ada keinginan, maka kuatkanlah keinginanmu. Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Manusia itu mempunyai dua kekuatan. Yang pertama, kekuatan keinginan (قوة الإرادة). Yang kedua, kekuatan pengetahuan (قوة العلم).”

Download Ceramah Agama: Ustadz Abu Yahya Badrusalam – Aku Ingin Berubah


Agama Islam, Belajar Islam, Hidayah, Hidayah Allah, Hijrah, Islam, Kajian tematik, Muhasabah, Muhasabah diri, Penyucian jiwa, Tazkiyatun nufus, Tematik

Berlangganan artikel Situs Sunnah melalui email, RSS, atau Telegram.